Rabu, 13 Juni 2012

proposal mopk



PROPOSAL
MASA ORIENTASI PENGABDIAN KERJA
(MOPK)




Description: Description: LOGO STIKES NEW
 


 









KONSENTRASI SISTEM INFORMASI KESEHATAN DAN REKAM MEDIS
PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MASYARAKAT
SURYA GLOBAL YOGYAKARTA
2012




I.PENDAHULUA N
             Ketatnya persaingan dunia kerja, menuntut mahasiswa untuk tidak hanya mempunyai kecerdasan intelektual, akan tetapi mahasiswa juga harus mempunyai kmampuan lain yang sesuaidengan tuntutan dunia kerja. Tiga pokok kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa untuk dapat bersaing dengan yang lain, pertama adalah kemampuan knowledge yaitu mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas sehingga mahasiswa bisa menciptakan ide dan gagasan yang cemerlang. Kedua skill yaitu mempunyai keahlian dan keterampilan yang dapat diimplementasikan dalam dunia kerja  serta tidak ketinggalan dengan perkembambangan teknologi maju. Kemudian yang terakhir atttitude yaitu mempunyai sikap dan perilaku yang disiplin, rendah hati dan agamis sehingga mempunyai kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain dan dapat menjadi teladan bagi sekelilingnya.
        Tiga pilar tersebut di peroleh dari abngku perkuliahan baik pada saat in class, praktikum   maupun simulasi. Tetapi untuk lebih memantaokan tiga pilar tersebut maka salah satu sarana untuk membentuk sikap mental yang siap pakai dan mampu menghadapi tantanngan dunia kerja maka sekolah tinggi ilmu kesehatan(STIKES)“SURYA GLOBAL” Yogyakarta program studi kesehatan masyarakat mempersiapkan mahasiswa melalui Masa Orientasi Pengabdian Kerja(MOPK).
                   Pada proses pelaksanaan Masa Orientasi Pengabdian Kerja (MOPK) melibatkan pendekatan secara langsung dan ikut berperan  serta secara aktif dalam dunia kerja sehingga di harapkan di harapkan mahasiswa menjadi calon sumber daya manusia yang terampil, profesional dan berwawasan luas serta mampu menghadapi tantangan dunia kerja.
Masa Orientasi Pengabdian Kerja (MOPK)di laksanakan di puskesmas oleh  setiap mahasiswa sekolah tinggi ilmu kesehatan (STIKES)”SURYA GLOBAL” Yogyakarta program studi kesehatan masyarakat semester II.




II.MAKSUD DAN TUJUAN
            Masa Orientasi Kengabdian Kerja (MOPK) mahasiswa sekolah tinggi kesehatan ilmu kesehatan masyarakat merupakan suatu kegiatan pengabdian dalam dunia kerjayang di lakukan dengan pendekatan secara langsung dan ikut serta berperan aktif dalam kegiatan atau kegiatan aktivitas pekerjaan secara nyata sesuai dengan lokasi MOPK. Masa Orientasi Pengabdian Kerja (MOPK) di maksudkan untuk membentuk sikap mental yang siap untuk memasuki dunia kerja, mengaplikasikan keterampilan yang di milikinya dan mampu menghadapi tantangan dunia pekerjaan yang semakin sulit dan kompetitif.
Adapun tujuan dari kegiatan Masa Orientasi Pengabdian Kerja (MOPK)  adalah sebagai berikut:
1.      Menambah pengetahuan dan wawasan bagi mahasiswa tentang dunia kerja dan permasalahannya.
2.      Membentuk sikap mental yang mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik dalam lingkungan pekerjaan sehingga siap menghadi tentang pekerjaan yang semakin sulit.
3.      Sebagai kegiatan pengabdian mahasiswa dalam upaya meningkatkan ketermpilannya dalam dunia kerja dan membantu meringankan pekerjaan dari instansi yang di tempati.

III. PELAKSANAAN
a.       Tempat dan waktu pelaksanaan
Masa Orientasi Pengabdian Kerja (MOPK) dengan ini kami bermaksud melaksanakan di :
Instansi / Lembaga            :
Alamat                              :
Bagian                               : ( Disertakan dalam Lampiran)
Waktu Pelaksanaan           : 2 Juli – 31 juli 2012



b.       Sasaran
                  Masa Orientasi Pengabdian Kerja (MOPK) ini di tunjukkan bagi mahasiswa sekolah tinggi ilmu kesehatan (STIKES)” SURYA GLOBAL” Yogyakarta program studi kesehatan masyarakat semester II dengan ketentuan sebagai berikut:
1.      Lokasi MOPK adalah puskesmas
2.      Pelaksanaan MOPK selama 4 minggu/ 1 bulan
3.      Setelah selesai pelaksanaan MOPK setiap mahasiswa membuat laporan hasil MOPK yang nantinya akan di presentasikan di kelas.
c.       Target Kompetensi
       Masa Orientasi Pengabdian Kerja (MOPK)  ini merupakan salah satu kegiatan akademik non kulikuler yang di laksanakan oleh setiap mahasiswa sekolah tinggi ilmu kesehatan (STIKES)”SURYA GLOBAL” Yogyakarta program studi kesehatan masyarakat selama wakttu yang telah di tentukan dan di setujui oleh instansi yang di setujui. Adapun target kompetensi dari mahasiswa yang harus di capai adalah sebagai berikut:
1.      Mahasiswa ikut terlibat aktif dan dapat memahami proses kerja yang ada di bagian customer service (meliputi front office, rekam medic, dll).
2.      Mahasiswa ikut terlibat aktif dan memahami proses kerja yang ada di tiap sie/bagian yang ada (mengikti kegiatan di dalam dan di luar gedung seperti penyuluhan, posyandu, dan lain-lain).
3.      Mahasiswa ikut terlibat aktif dan dapat memahami proses kerja yang ada di bagian administrasi puskesmas.
4.      Mahasiswa menganalisa data 10 besar penyakit pada 1 (satu) tahun terakhir perbulan berdasarkan man, place, dan time.
(target kompetensi yang lebih terperinci ada di lampiran. Target ini di sesuaikan dengan situasi kondisi puskesmas yang di tuju).
Setelah pelaksanaan Masa Orientasi Pengabdian Kerja (MOPK) ini mahasiswa di wajibkan membuat laporan yang selanjutnya di buat kelompok-kelompok presentasi dan dikusi  kelas dengan tujuan agar bisa di jadikan sebagai media saling tukar-menukar atau berbagi pengalaman antar mahasiswa. Mahasiswa juga di harapkan dapat memahami dan menganalisa gejala-gejala permasalahan yang timbul di dalam dunia kerja dan mendapatkan pengalaman serta mengerti tentang liku-liku dunia kerja yang tidak bisa di proleh di bangku perkuliahan.

d.      Teknis Pelaksanaan
Teknis pelaksanaan Masa Orientasi Pengabdian kerja (MOPK) ini diserahkan sepenuhnya sesuai dengan kebijakan dan aturan yang berlaku di instansi tempat melakukan Masa Orientasi Pengabdian Kerja (MOPK). Namun berikut ini beberapa rencana atau gambaran kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Masa Orientasi Pengabdian Kerja (MOPK) ini adalah sebagai berikut:
1.      Orientasi dan pengalaman instansi
2.      Mempelajari dan memahami tugas serta tanggung jawab (job descriptions) pada setiap bagian yang ada, yang nanti akan dijabarkan dalam Buku Paduan Kerja Harian yang dimiliki oleh setiap mahasiswa.
3.      Ikut serta dalam membantu tugas-tugas yang ada di puskesmas  sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mahasiswa sesuai dengan petunjuk  pembimbing lapangan.
e.       Teknis Pembimbingan
-          Pembimbing Lapangan
Pembimbing Lapangan merupakan salah satu staf di instansi tempat praktek yang ditunjuk dengan tugas-tugas antara lain:
a.       Pembimbing memberi tugas-tugas tertentu sesuai dengan bidang yang diambil terhadap mahasiswa selama melaksanakan masa praktek.
b.      Pembimbing mengarahkan mahasiswa selama melaksanakan tugas-tugas yang diberikan.
c.       Memantau kehadiran mahasiswa selama masa praktek
d.      Melakukan evaluasi selama masa praktek.
             e .  Tata Tertib
1.      Mahasiswa datang tepat waktu untuk setiap kegiatan (sesuai jadwal).
2.      Mahasiswa menaati peraturan yang berlaku di tempat praktek.
3.      Mahasiswa mengisi presensi /daftar hadir.
4.      Jumlah kehadiran praktek 100%, apabila tidak hadir harus mengganti  sebanyak hari yang ditinggalkan dan tempat yang ditinggalkan.
5.      Mahasiswa yang diijinkan meninggalkan prakteknya adalah mahasiswa yang sakit dengan disertai surat keterangan dokter dan mahasiswa yang berhalangan  (mendapat musibah) dengan memberikan surat pemberitahuan ke Pembimbing Lapangan.
6.      Berpakaian rapi sesuai ketentuan yang berlaku pada tempat praktek.
7.      Hari Libur Nasional mengikuti kebijakan lokasi praktek.


            f . Sanksi
1.      Apabila terjadi pelanggaran terhadap tata tertib  dan atau peraturan yang berlaku di tempat MOPK maka akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan dan atau kebijakan yang ada dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) “SURYA GLOBAL” Yogyakarta.
2.      Mahasiswa yang merusakkan /menghilangkan alat atau barang yang dipakai untuk praktek maka mahasiswa harus mengganti sesuai peraturan dan prosedur yang ada di tempat praktek.
            g.  Penilaian
Hal-hal yang dinilai dalam pelaksanaan Masa Orientasi Pengabdian Kerja (MOPK) ini adalah hanya hal-hal :
1.      Pengetahuan / knowledge
2.      ketrampilan / skill
3.      Sikap / attitude




IV. PENUTUP
 Demikian proposal dalam pelaksanaan Masa Orientasi Pengabdian Kerja (MOPK) ini dibuat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Sedangkan hal-hal lain yang belum jelas akan kami bicarakan lebih lanjut di kemudian hari.
 Atas perhatian dan kerjasamanya kami mengucapkan terima kasih.


                                                                                                      Yogyakarta, 23 Mei 2012
Mengetahui                                                                                                                                              
                                                                                         
Nor Wijayanti, S.KM                                                                          Siti Muktimah
(Dosen Pembimbing)                                                                          (Mahasiswa Praktek)                                                                                                                                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar